Kubu Raya Mulai Bakar Lahan untuk Pertanian

Mulai sejak 1 minggu paling akhir, warga mulai lakukan pembakaran untuk bersihkan tempat pertanian serta perkebunan. Hal semacam itu dikerjakan lantaran mulai sejak 1 minggu terkahir ini hujan tak turun di lokasi Kalimantan Barat (Kalimantan barat), terutama di Kecamatan Sungai Raya, kabupaten Kubu Raya.

Mardi (50), salah seseorang warga di Sungai Raya, pada SP Rabu (13/7), menyampaikan mulai sejak 1 minggu paling akhir hujan tak turun di lokasi itu. Keadaan ini digunakan warga untuk bersihkan tempat untuk perkebunan serta pertanian. Sesungguhnya, saat ini petani tengah menanti panen, lantaran telah usai musim tanam. Tetapi, bila hujan tak turun kurun waktu lama, di kuatirkan berlangsung tidak berhasil panen. Karenanya, orang-orang memerlukan tempat untuk menanam palawija, hingga mereka lakukan pembersihan tempat.

" Saat ini padi telah masuk musim berbunga atau nyaris masuk musim panen. Tanaman padi masihlah membutuhkan air yang cukup untuk mendukung panen. Tetapi yang berlangsung sekarang ini telah nyaris 1 minggu tak turun hujan serta tempat telah kering serta retak lantaran tak ada air, " tuturnya.

Pihaknya mengharapkan ada usaha atau pertolongan pemerintah, bila berlangsung tidak berhasil panen. Bila berlangsung tidak berhasil panen, petani bakal alami kerugian yang cukup besar serta beresiko pada ekonomi keluarga, terutama petani. Satu diantara usaha yang tengah dikerjakan warga yaitu lakukan pembersihan tempat untuk menanam sayuran atau palawija.

Dengan cara terpisah, kapolda Berita lewat Kabid Humas Polda Kalimantan barat Kombes Pol Suhadi SW mengimbau warga supaya tak lakukan pembersihan tempat lewat cara membakar. Pembakaran tempat menyebabkan efek yang negatif pada kehidupan serta kesibukan orang-orang.

Bila berlangsung kebakaran rimba serta tempat, baik yang disengaja ataupun yg tidak disegaja, bakal menyebabkan kabut asap yang bisa menganggu kesehatan. Diluar itu kebakaran rimba serta tempat akan menyebabkan persoalan serta efek pada kesibukan penerbangan dari serta ke Bandara Supadio Pontianak.

" Untuk bersihkan tempat, sebaiknya dikerjakan lewat cara lain terkecuali membakar, hingga tak menganggu kesibukan

sumber :www.nusantarapost.com